PUSAT SEJARAH MACAU

Nah teman, hari ini adalah edisi tentang Macau. Jadi, masih banyak lagi tentang Info-info tentang Macau . Ada yang mau kesana , Ajak saya yaaaa !

“Pusat Sejarah Macau” merupakan saksi hidup sejarah berdirinya kota ini, meliputi warisan arsitektur yang menjalinkan keaslian kota dalam bentuk jalanan dan alun-alun seperti :
1.A-Ma Temple

Image

Kuil A-Ma telah berdiri sebelum kota Macau dibangun. Kuil ini terdiri dari Gerbang Paviliun, the Memorial  Arch, Aula doa, Aula Benevolence, Aula Guanyin, dan Zhenggijiao Chalin (paviliun Budha). Beragamnya paviliun yang dibuat dalam satu komplek ini dipersembahkan bagi keragaman pemeluk agamanya dan membuat kuil A-Ma sebagai contoh budaya China yang menghormati keragaman agama, seperti Konfusius, Tao, Budha, dan beberapa kepercayaan lainnya.

2.Moorish Barracks

Image
Didirikan pada tahun 1874, dibangun untuk menampung tentara pemerintahan India dari Goa yang bertugas untuk memperkuat kepolisian Macau. Tempat ini sekarang menjadi kantor pusat administratif maritim. Barak Moorish ini merupakan bangunan bergaya neo-klasik yang memadukan pengaruh elemen arsitektur mongol.

3.Lilau Square

Image
Dahulu mata air Lilau merupakan sumber mata air utama di Macau. Pepatah Portugis terkenal mengatakan: “siapapun yang pernah minum air Lilau tidak akan pernah melupakan Macau “ merupakan ungkapan betapa pentingnya Lilau Square bagi penduduk setempat dahulu. Daerah ini merupakan pemukiman pertama bangsa Portugis di Macau.

4.Mandarin’s House

Image
Didirikan sebelum tahun 1869, rumah bergaya China ini merupakan tempat pemukiman tradisional tokoh sastrawan China terkenal Zheng Guanying. Pemukiman tradisional ini terdiri dari beberapa rumah berhalaman, menampilkan perpaduan gaya China dan barat yang dapat terlihat dalam pemakaian ornamen bata abu-abu dan jendela kayu bergaya China dengan panel-panel dari India yang ditaburi mutiara.

5.St.Laurence Church

Image
Didirikan oleh kaum Jesuits pada abad ke16, merupakan salah satu dari 3 gereja tertua di Macau. Tampak bangunan dan bentuknya yang sekarang diperoleh sejak tahun 1846. Terletak disemenanjung bagian selatan Macau dengan pemandangan ke laut, para keluarga pelaut  Portugis biasanya berkumpul di depan pintu masuk gereja untuk berdoa dan menunggu para pelaut kembali, pada akhirnya diberi nama Feng Shun Tang (hall of the soothing winds). Penduduk disekeliling gereja ini dulunya cukup kaya dan ini terlihat dari ukuran bangunan dan kekayaan arsitektur gereja tersebut. Struktur bangunan neo-klasik dengan inspirasi baroque.

6.St.Joseph Seminary and Church

Image
Didirikan pada tahun 1728, seminari tua bersama dengan St.Paul’s college merupakan pusat kantor pelaksanaan kerja para misionaris di China,Jepang dan sekitarnya. Seminari St.Joseph mengajarkan kurikulum akademis yang sejajar dengan universitas dan pada tahun 1800 ratu Portugis, Dona Maria I, memberi gelar kerajaan, yaitu “house of the mission congregation”. Bersebelahan dengan seminary, terdapat gereja St.Joseph yang didirikan pada tahun 1758, merupakan contoh arsitektur baroque di Cina, dan dicatat oleh UNESCO 2001 dan dipublikasikan sebagai ‘atlas mundial de la arquitectura barroca’.

7.St.Augustine Square

Image
St.Augustine Square menyatukan beberapa gedung seperti gereja St.Augustine, teater dom pedro v, seminary St.Joseph dan perpustakaan Sir Robert Ho Tung. Jalan beraspal dengan batu bulat mempersatukan area tersebut dan merupakan cerminan jalan-jalan tradisional Portugis.

8.Dom Pedro v theatre 

Image
Dibangun pada tahun 1860 sebagai teater pertama bergaya barat di Cina dengan kapasitas tempat duduk untuk 300 orang, telah bertahan sebagai bangunan bersejarah penting bagi penduduk Macau dan emnjadi tempat acara perayaan-perayaan publik yang penting.

9.Sir Robert Ho Tung Library

Image                  Image
Bangunan ini dibangun kembali sebelum tahun 1894 dan saat itu merupakan tempat tinggal Donna Carolina Cunha. Pelaku bisnis dari Hongkong, Sir Robert Ho tung membelinya pada tahun 1918 dan menggunakannya sebagai tempat berlibur. Beliau meninggal dunia pada tahun 1955 dan sesuai dengan wasiatnya, bangunan ini dipersembahkan kepada pemerintah Macau dan menjadikannya perpustakaan umum.

10.St.Augustine’s Church

Image

Pertama-tama didirikan oleh Ordo Augustinian, Spanyol pada tahun 1591. Gereja ini tetap mempertahankan penyelenggaraan salah satu tradisi agama khatolik terkenalnya, Easter Procession (prosesi paskah), melibatkan ribuan penganutnya dengan menelusuri seluruh kota. Dahulu kala, pada saat hujan deras, para pastor memperkuat atap dengan daun pohon palem. Jika dilihat dari jauh, daun-daun ini terlihat seperti janggut naga diudara, sehingga para penduduk Cina setempat menamakannya “Long Song Miu” (kuil naga berjanggut panjang).

TO BE CONTINUE…….

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s