SEJARAH SINGKAT KOTA MACAU

SEJARAH SINGKAT MACAU

Image

Teman-teman , kali ini kita bakala ngebahas tentang salah satu kota favoritku di China , apalagi kalau bukan Macau . Macau itu kota indah yang budayanya saling melengkapi dan merupakan kota yang tentram . SO LETS , CHECK IT OUT GUYS !

Pelaut dari Fuji dan petani Guangdong dikenal sebagai orang-orang yang pertama kali menetap di Mcau , yang kala itu dikenal dengan nama Ou Mun , atau “gerbang  perdagangan”, karena lokasinya yang berada dihilir Sungai Pearl dari Guangzhou (Kanton). Menurut sejarah , kota pelabuhan ini merupakan bagian dari “jalan sutra” yang ramai disinggahi oleh kapal-kapal yang memuat kain sutra dari Roma .

Bahkan setelah Cina tidak lagi menjadi pusat perdagangan dunia , Guangzhou yang berjaya karena usaha kelautan dengn negara-negara Asia Tenggara, para pedagang lokal tetap menyambut hangat para pedagang dan para penjelajah dari Portugis . Mereka mengikuti langkah Jorge Alvares, yang berlabuh dibagian selatan Cina pada tahun 1513 dan mencari tempat-tempat perdagangan yang strategis.

Pada permulaan awal tahun 1550-an, Portugis tiba di Ou Mun , yang disebut A Ma Gao atau tempat A-Ma oleh penduduk setempat sebagai penghormatan kepada dewi laut , yang kuilnya berdiri pada pintu masuk pelabuhan dalam .  Bangsa Portugis mengambil nama tersebut yang lama kelamaan berubah menjadi Macau dan dengan seijin penguasa Guangdong, sebuah kota didirikan dalam waktu singkat dan menjadi pintu gerbang terkemuka anatara Cina, Jepang, dan Eropa .

Macau juga menjadi tempat bertemunya kebudayaan timur dan barat yang idal . Gereja Roma Khatolik mengirim misionaris-misionaris terkemuka untuk melanjutkan karya st. Francis Xavier (yang meninggal setelah membuat banyak perubahan di Jepang ). Sebuah akademi Kristiani juga dibangun didekat tempat yang sekarang dikenal sebagai reruntuhan st. Paul , dimana pelajar seperti Matteo Ricci mempersiapkan pekerjaan mereka sebagai ilmuan Kristiani di Mahkamah Agung di Beijing. Gereja-gereja lainnya  juga dibangun dan juga benteng-benteng sampai hari ini . Masa kejayaan Portugal di Asia meredup sejalan dengan pesaing-pesaingnya seperti belanda dan inggris yang mengambil alih perdagangan mereka. Walau demikian , bangasa Cina memilih untuk meneruskan perdagangan dengan bangsa Potugis di Macau sehingga lebih satu abad perusahaan British East India  Company dan lainnya mendirikan toko-toko di Macau dengan menyewa rumah-rumah kontrakan seperti Casa Garden yang elegan. Sejalan dengan berkembangnya perdagangan antra Eropa dan Cina . Para pedagang Eropa menghabiskan waktunya di Guangzhou, membeli teh dan barang-barang mewah Cina di festival dua tahunan, memanfaatkan Macau sebagai tempat untuk rekreasi .

Setelah perang opium tahun 1841, Hong Kong diduduki Inggris dan kebanyakan  para pedagang asing meninggalkan Macau dan menjadikannya tempat yang sepi . Walaupun begitu Macau tepat menjadi sebuah eksistensi multi-daya dan memanfatkan bangunan bersejarah dalam kesehariannya sehingga menjadi tempat persinggahan yang favorit untuk wisatawan mancanegara, penulis ataupun seniman . Di zaman modern ini, Macau telah mengembangkan beberapa industri, tekstil, elektronik, dan mainan, juga membangun industri pariwisata yang berkelas dunia dengan banyak pilihan hotel,resor , fasilitas olahraga  , restoran dan kasino. Seperti di masa lampau, perekonomian Macau terkait erat dengan Hong Kong dan propinsi Guangdong, tepatnya pada derah delta sungai Pearl, yang dapat dikualifikasikan sebagai “Macan Kecil “ Asia. Macau memberi masa tunjangan finansial dan jasa perbankan, pelatihan, sarana transportasi dan telekomunikasi.
Sekarang ini , Macau adalah daerah istimewa(special administrative region) dari RRC dan seperti Hong Kong juga mendapat keuntungan dari prinsip “satu negera, 2 sistem.” Daerah istimewa kecil ini telah berkembang sejalan dengan bertambahnya bangunan dan tanah reklamasi, juga dalam keragaman atraksinya. Hal ini menjadikan Macau unik dengan perpaduan komunitas Timur dan Barat yang saling melengkapi sehingga menunjang peningkatan kunjungan wisatawan .

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s