INILAH 10 PEMIKAT TURIS KE BUSAN

INILAH 10 PEMIKAT TURIS KE BUSAN

Hello zoners, lagi lagi tentang Korea. Hari ini saya mau share 10 tempat di Busan, Korea yang membuat turis datang ke Busan. Ada yang tertarik ke Busan ? Ajak saya *maunya hehe. Yuk mari capcuss *ngondek kita bahas tentang 10 tempat pemikat turis ke Busan. Let’s check it out !

Berencana memlakukan isentif ke Korea Selatan ? Busan dapat menjadi pilihan yang tepat. Kota pelabuhan seluas 763 km2 disebelah Tenggara Korsel ini menyuguhkan keindahan alam, interior kota yang tertata rapi, seklaigus kemeriahan yang membuat perjalanan Anda terus membekas dan terinspirasi. Apa sajakah pemikat metropolitan kedua di Korsel setelah Seoul itu ?

  1. Busan Exhibition & Convention Centre (Bexco)

Image

Sejak dibuka tahun 2001, Bexco menjadi andalan untuk penyelenggaraan berbagai acara pameran dan konfrensi. Bexco memiliki exhibition hall seluas 26.508 m2 yang dapat dibagi menjadi 3 ruangan. Sedangkan convention hall seluas 5.148 m2 dapat dibagi menjadi 37 ruang, termasuk ballroom berkapasitas 2400 orang.

Masih dikawasan Bexco Auditorium berkapasitas 4902morang dan dilengkapi dengan panggung permanen berukuran 32×32 meter. Auditorium ini bakal menjadi pusat pertunjukan showbis di Korea. Selain itu, Bexco juga tengah mempersiapkan penambahan 12 ruang pertemuan baru sehingga total luas Bexco menjadi 160.000 m2, mencakup juga bangunan Bexco setinggi 8 lantai dihuni sejumlah perusahaan besar, diantaranya Hyundai Motor Company, Samdung Electro, dan Renault Samsung Motors.

Hingga saat ini, Busan memiliki 300 jenis venue, termasuk kapal pesiar, galeri, dan Nurimaru Apec House. Semuannya didukung infrastruktur dan teknologi maupun sert akses transportasi yang mudah. Untuk menampung volume kegiatan MICE yang lebih besar lagi, pemerintah tengah membangun venue baru seluas 92273 m2. Pertengahan tahun ini, venue tersebut siap dioprasikan

2.Busan Cinema Centre

Image

Inilah venue baru di Busan yang dibuka sejak September 2011. Sesuai namanya venue ini berkonsep sinema dan berada dalam kawasan Busan International Film Festival (BIFF), Industri pertunjukan festival terbesar di Busan. Konsepnya inovatif: mengawinkan ruang terbuka dengan program budaya, hiburan, dan teknologi dalam satu atap raksasa seluas 2,6 kali lapangan sepak bola.

Ada 3 bangunan dalam Busan Cinema Centre, yaitu Cine Mountain, Biff Hill, dan Cone Double. Bangunan utamanya Cine Mountain, memiliki 3 bioskop pemutaran film dan satu ruang pertunjukan seni teater yang akan menampilkan pertunjukan terbaik berstandar internasional. Sebanyak 42600 lampu LED siap menciptakan adegan bernuansa spektakuler.

Setiap malam di Busan Cinema Centre diputar diberbagai film berkelas dunia. Grup intensifpun dapat memesan khusus film yang akan ditonton. Daya tampung ruang pemutaran film ini 6800 orang

3.Taejongdae Park

Image

Taman ini membentang begitu eksotik sepanjang 9,1 km di pantai Yaengdo, ujung selatan Busan. Bebatuan karang sarat legenda dari tebing-tebing yang menjulang gagah setinggi 250 meter menjadi spot terindah ditaman seluas 440 hektare ini. Sinseonbawi merupakan salah satu nama karang yang menurut legenda adalah tempat singgah para dewa ke bumi untuk beristirahat, sedangkan Mangbuseok, karang berikutnya, sesungguhnyaseorang wanita yang setia menunggu suaminya yang tak kunjung kembali kedaratan hingga akhirnya meninggal dan berubah menjadi batu.

Untuk menikmati keindahan taman ini, Anda dapat berjalan kaki menyusuri tebing-tebing tinggi yang dipenuhi puluhan spesies tanaman. Dari atas tebing inilah dapat langsung memilih spot terbaik untuk mengabadikan hamparan lautan yang begitu eksotik. Atau Anda dapat naik boat berkeliling sekitar pantai dengan tarif sekitar 12000 won. Jam buka taman ini adalah 09:30-20.00 (Maret-Oktober) dan 09:30-19.00 (November-Februari).

4.Yongdusan Park

Image

Taman ini terletak di kawasan Gwangbok-Dong, pusat kota Busan, persis berada dibelakang kawasan Nampo Dong. Begitu Anda memasuki taman ini, langsung disambut oleh patung Chungmoogong atau Admiral Yi Sunshin. Tepat dibelakang patung ini terhampar plaza nan luas. Disiniah biasanya pengunjung menikmati sore sambil menunggu matahari terbenam. Tanman ini memiliki 70 spesies tanaman.

Apabila Anda ingin menyaksikan keseluruhan kota Busan, naiklah ke Busan Towers setinggi 120 meter. Busan merupakan kota taman. Banyak tanaman-tanaman indah bertebaran dikawasan ini, sebut saja Olimpiade Park, Ssamji Park, Jukdo Park di pantai Songjeong dengan hutan pinusnya, Amnam Park yang populer karena menampilkn bebatuan tua, Jeollyeong  Esplanade sebuah jalan pantai yang indah, dan PBB memorial park untuk mengenang prajurit dari 16 negara yang mengorbankan hidup mereka selama perang Korea

5.Pantai Heundae

Image

Pantai ini paling banyak menyedot perhatian wisatawan, terutama ada musim panas. Berbagai festival kerap digelarndi sepanjang pantai yang berpasir putih ini, seperti Heundae Sand Festival, perayaan Jeongwol Daeboreum, Festival Laut Busan, dan sebagainya.pada Heundae sand  festival, pengunjung menkmati berbagai replika monumen-monumen terkenal didunia yang tentu saja terbuat dari pasir pantai. Pembuat ornamen ini dilombakan untuk memperebutkan hadiah besar. Menariknya lagi, pengunjung bisa mencoba ‘’dikubur’’ dalam pasir panas. Tak jauh dari pantai, Anda bisa mengunjungi sejumlah obyek wisata Pulau Dongbaek dan Kepulauan Oryukdo. Bexco juga berada diarea pantai ini.

Obyek wisata lainnya adalah pulau Suyeong Gu dan pantai Gwangan. Di pantai Gwangan terdapat Gwangan Grand Bridge yang menghubungkan Heundae-gu ke Suyeong-gu. Kini, jembatan ini menjadi ikon kota Busan. Keindahan jembatan ini terlihat nyata pada malam hari. Warna-warna lampu terlihat begitu menarik. Di pantai-pantai Busan, Anda dapat menikmati berbagai aktivitas, seperti jet ski, berperahu, driving, banana boat dan sebagainya.

6.Busan Aquarium

Image

Berlokasi di Pantai Heundae, soal keindahan alam sekeliling. Busan aquarium tentu tak disangka lagi. Terlebh jika Anda masuk ke dalam aquarium sebagaimana taman laut raksasa ini. Anda pasti akan dikejutkan dengan berbagai jenis ikan berseliweran *bahasaApaIni. Ya inilah akuarium terbesar di Korea Selatan. Kurang lebih 250 spesies dan 35000 jenis satwa laut dapat Anda saksikan di dalam akuarium ini.

Malah jika Anda ingin meeting sambil menyaksikan satwa-satwa laut menari-nari di akuarium, disini juga tersedia ruangannya. Segala perlengkapan penunjang meeting pun siap disediakan. Selain itu disediakan juga glass bottom boat, shark dive, dan 3D rider dengan audio guide. Jam buka akuarium ini dari 09:00-22:00 (Jumat,Minggu dan hari libur) dan khusus hari Selasa buka sampai pukul 22:00. Tiket masuk 19.000 won (grup 15.000 won)

7.Ramai Festival

Image

Sebagai kota budaya, Busan memang tidak ada matinya. Hampir tiap musim di Busan digelar berbagai festival dan biasanya paling ramai pada musim semi dan musim panas. Beberapa festival yang terkenal adalah fsival musik rock, festival film, festival beruang kutub, pertunjukan musik nelayan, festival ikan, festival kembang api, festival seni kontemporer, festival tari bangau dongrae, dan Busan Internasional Film Festival yang menjadi festival film terpenting  di Asia.

8.Jagachi Fish Market

Image

Jika grup insentif Anda penggemar seafood, pasar ini wajib dikunjungi. Pasar tradisional yang dibangun tahun 1889 ini merupakan pasar terbesa di Busan, berada tepat disebrang Busan International Film Festival. Seafood segar dari pelabuhan siap disantap sesuai selera. Biasanya warga sekitar sudah terbiasa dengan ikan segar tidak canggung lagi langsung mencicipi ikan segar yang dipilihnya, tentu sambil menawar juga. Banyak pedagang ikan dilokasi ini sudah paham bahasa Indonesia. Khusus masalah tawar-menawar ini, mereka langsung menyebut harga jual dalam rupiah.

9.Wisata Belanja : Berburu Produk Ala Bintang Korea

Image

Soal belanja, Busan pun tidak kalah degan Seoul. Is menawarkan berbagai tempat belanja menyenangkan, diantaranya Nampo-Dong, Pusan University, dan Seomyeon yang telah tersohor dikalangan wisatawan. Di Nampo Dong, Anda yang mengidolakan bintang-bintang Korea bisa dengan mudahnya menemukan berbagai merchandise unik dan aneka produk fashion bergambar artis Korea. Suasana di Nampo-Dong diciptakan mirip di hollywood, berkonsep shopping dalam ruang terbuka dengan pemandangan toko,kaffe, plus hiburan live musik sepnjang jalan. Jika kaki Anda pegal usai berkeliing, Anda bisa duduk-duduk dipinggir jalan sambil menyeruput secangkir kopi.

Sedangkan anak-anak muda Busan gemar berbelanja di Pusan University. Banyak kafe dan resto berjejer dikawasan ini. Pemandangan tak jauh berbeda juga Anda dapatkan di Somyeon yang berdekatan dengan stasiun kereta api bawah tanah. Banyak toko menjual aksesori, baju, sepatu lucu, produk fashion, juga ala bintang Korea. Di sini juga ada department store yang notabene harganya lebih mahal. Untuk kulinernya, di Somyeon terkenal dengan kelezatan mi, nasi, dan sup hangatnya.

10.Geumjeong Botanical Garden

Image

Inilah kebun raya Busan, dibuka sejak tahun 1969 di Geumjeong. Luasnya sekitar 19.480 m2, terbesar dari 3 kebun raya yang ada di Korea, menampung koleksi 1120 spesies tanaman, yang terdiri dari 560 jenis tanaman tropis, 20 jenis pohon kelapa, dan 540 jenis tanaman sekulen, serta beberapa tanaman langka disini. Kini Ia menjadi pusat penelitian tanaman dan konservasi alam. Udara segar dan pemandangan yang indahdengan taman-taman tertata rapi, menjadikan Geumgang Botanical Garden tempat masyarakan dan wisatawan bersantai. Jam buka 08:30-18:00. Tiket : dewasa (700 won), mahasiswa (500 won), dan anak-anak (400 won).

PENTING DIKETAHUI :

 Waktu Ideal Berkunjung : musim semi sekitar April-Mei, namun jika ingin menikmati salju, datang pada bulan Desember-Maret.

Menuju ke Busan, ada beberapa alternatif : pesawat dari Seoul kurang ebih 50 menit, kereta KTX dari Seoul kurang lebih 2 jam, dan bus sekitar 4,5 jam.

Nah bagaimana para zoners, berminat nggak ke Busan untuk berlibur tahun ini, kalian bisa ajak keluarga, pacar, teman  atau mau ajak saya….hehe boleh boleh. Kalo mau ajak saya tinggal bilang aja *selalusiap. Udah dulu ya, tenang aja besok masih ada lagi info yang bakalan saya share. Bye, and thank you.

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s